Microsoft Windows: Sejarah Windows Dari Awal Sampai Sekarang


Microsoft Windows: Sejarah Windows Dari Awal Sampai Sekarang

Mitra utama Microsoft sejak 1981 adalah IBM, ketika MS-DOS menjadi sistem operasi yang sukses, yang dibundel dengan komputer IBM. Itulah sebabnya pada November 1983 yang sama, pemilik Microsoft Bill Gates memutuskan untuk menunjukkan versi beta Windows ke administrasi IBM. Tampaknya Bill Gates menyadari betapa menguntungkan GUI yang berhasil bagi komputer IBM, sementara ia melihat komputer Lisa dari Apple dan kemudian komputer Macintosh yang lebih sukses. Kedua komputer Apple hadir dengan antarmuka pengguna grafis yang mengesankan.

 

Windows 1.0

Permulaannya diperparah oleh tuntutan hukum oleh Apple Co. Pada bulan September tahun 1985, pengacara Apple memperingatkan Bill Gates bahwa Windows melanggar hak cipta dan paten Apple, dan bahwa perusahaannya telah mencuri rahasia dagang Apple. Apple setuju dan kontrak dibuat.

 

Microsoft Windows 2.0

Microsoft Windows 2.0 dirilis pada bulan Desember tahun 1987 dan awalnya dijual seharga 100 U$D. Itu adalah Windows yang jauh lebih baik, yang membuat komputer berbasis Windows lebih seperti Macintosh, memperkenalkan ikon untuk mewakili program dan file, dukungan perangkat keras yang lebih baik, dan jendela memori yang diperluas, yang bisa tumpang tindih.

 

Windows 3.0

Windows 3.x menjadi sistem operasi nomor satu yang diinstal pada PC hingga 1997, ketika Windows 95 mengambil alih.

Windows NT 3.1 adalah versi Windows pertama yang menggunakan memori virtual "datar" 32-bit yang menangani prosesor 32-bit. NT adalah versi pertama Windows 32-bit, sementara rekan-rekannya yang berorientasi konsumen, Windows 3.1x dan Windows 9x, adalah hibrida 16-bit / 32-bit. Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Home Server, Windows Server 2008 dan Windows 7 didasarkan pada Windows NT, meskipun mereka tidak ditandai sebagai Windows NT.

 

Windows 95

Pada Juni 1998, Microsoft merilis Windows 98. Windows 2000 dirilis pada Februari 2000 dan didasarkan pada teknologi Microsoft NT. Microsoft sekarang menawarkan pembaruan perangkat lunak Internet otomatis untuk Windows dimulai dengan Windows 2000.

 

Windows Xp

Windows XP memiliki fitur baru dan mengalami banyak perubaha, termasuk desain visual Aero, graphical user interface yang di update. Windows XP  juga didesain ulang pada fungsi pencarian, alat multimedia yang termasuk Windows DVD Maker, juga desain ulang subsistem jaringan, pencetakan, visualisasi, dan audio. Microsoft merilis Windows 7 pada Oktober 2009.

 

Windows 7

Beberapa aplikasi standar yang disertakan dalam versi Microsoft Windows sebelumnya, seperti Kalender Windows, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak termasuk dalam Windows 7, tetapi sebagian besar ditawarkan secara terpisah dan tanpa biaya. Windows 8. Jadi apa yang telah berubah?

 

Windows 8

Tidak ada lagi tombol Start, karena antarmuka ini dirancang untuk digunakan dengan layar sentuh serta mouse dan keyboard, dan mengharuskan program ditulis khusus untuk itu. Windows 8 memiliki mode "Hybrid Boot" baru.

Peningkatan terbesar: BSOD menyeramkan (Blue Screen of Death), mimpi buruk generasi pengguna yang buruk, telah diperbarui dengan desain yang lebih sederhana, lebih modern dengan informasi teknis yang kurang ditampilkan.


Posting Komentar untuk "Microsoft Windows: Sejarah Windows Dari Awal Sampai Sekarang"